Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Fungsi Norma

Baca Juga

Oke sobat Odstats pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membicarakan mengenai norma.

Apa itu norma?

Sebagai mahluk individu dan sosial maka manusia harus mempunyai pedoman hidup untuk mengatur kehidupannya dalam bermasyarakat. untuk itu diperlukan yang namanya norma.
Norma adalah kaidah atau ketentuan yang mengatur kehidupan maupun hubungan antarmanusia dalam arti yang lebih luas. hungungan tidak mesti pacaran ya. hehe.
Norma adalah aturan yang mengikat warga dalam masyarakat yang digunakan sebagai acuan hidup atau panduan hidup dalam mengatur tingkal laku manusia agar sesuai dengan kehidupan dalam masyarakat. norma terdiri dari berbagai macam atau jenis lho teman.

Apa saja Jenis Normal?

jenis norma ada beberapa yaitu

1. Norma agama merupakan norma atau aturan hidup yang diciptakan oleh tuhan yang maha esa yang tujuannya agar manusia memiliki iman dan takwa. fungsi dari norma agama itu sendiri adalah untuk mengendalikan kelakuan atau tingkah laku, ucapan, sikap dalam kehidupan seseorang. orang yang melanggar norma agama akan mendapatkan sanksi berupa siksa dari tuhan di akhirat.

2. Norma Kesusilaan adalah peraturan hidup tentang perbuatan baik atau buruk yang bersumber dari dalam diri manusia. tujuan dari adanya norma ini adalah agar manusia memiliki sikap yang baik atau berbudipekerti luhur. ungsi dari norma agama itu sendiri adalah untuk mengendalikan kelakuan atau tingkah laku, ucapan, sikap dalam kehidupan seseorang. bagi orang yang melanggar tidak ada sanksi yang tegas melainkan berasal dari diri sendiri berupa penyesalan, malu, dan merasa bersalah.

3. Norma Kesopanan adalah aturan hidup yang menjadi kebiasaan dan berlaku dalam lingkungan masyarakat tertentu. norma ini seing disebut tata krama, adat istiadat, norma atat, atau norma kemasyarakatan. tujuan dari norma kesopanan adalah agar semua masyarakat mematuhi aturan yang telah ditetapkan di daerahnya. fungsinya untuk mengatur ketertiban hidup bermasyarakat. sanksinya tidak tegas yaitu berupa cemoong, pengucilan dalam pergaulan dll.

4. Norma Hukum 
norma yang bersifat mengikat dibuat oleh lembaga atau badan tertentu dan memiliki sanksi yang tegas.
Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Fungsi Norma Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Fungsi Norma Reviewed by odstats on October 10, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. Betway US Casino And Hotel - Hollywood, FL - JTM Hub
    Get the best deals on 광주 출장마사지 your next visit 목포 출장샵 to Hollywood, FL with JTM's 하남 출장샵 JT Rewards Card. Get 경산 출장안마 up 강릉 출장샵 to 70% savings up to $250 at JTM's JT.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.