Cara Uji Normalitas Data Menggunakan SPSS

Baca Juga

hallo sobat olah data statistik (OdStats) kami kembali dengan informasi yang mungkin akan berguna tapi kami kira ini akan sangat berguna. pada kesempatan yang berbahagya ini izinkanlah kami mengucapkan puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmatnya kami bisa menulis karya yang berjudul "UJI NORMALITAS DATA MENGGUKAN SPSS"

oke sobat Odstats sedikit tentang uji normalitas

Uji normalitas adalah uji yang bertujiuan untuk mengetahui apakas suatu data mengikuti atau mendekati distribusi normal, yakni distribusi data yang menyerupai bentuk linceng. sebuah data dikatakan baik jika data tersebut mengikuti distribusi normal yakni data tersebut tidak mengalami kemencengan baik kiri maupun kanan.

Bagaimana cara melakukan Uji Normalitas Data menggunakan SPSS?
jadi sabar dulu saya igatkan dulu untuk kalian membaca sampai habis ya karena akan menentukan pemahaman kalian. nah, disini saya masih menggunakan SPSS versi lama yaitu SPSS 16 ini tidak jauh berbeda dengan versi terbaru dimana yang terbaru terdapat beberapa tambahan fitur yang menarik. so, tidak menunggu lama lagi cekidot :) :)

kami mengambil contoh akan melakukan uji normalitas dua data yakni banyak penjualan dan banyaknya iklan yang dilakukan oleh beberapa toko. karena ini cuma contoh jadi saya ambil 10 toko saya ya! kalian bisa membuat atau menggunakan data yang lain ya

langkah 1 : entri data(memasukan data pada SPSS)
masukan data ke SPSS pada bagian Data view seperti gambar berikut


Keterangan :
angka 1 pada kategori menyatakan banyak penjualan dan angka 2 menyatakan banyak iklan
Data dapat di download disini

Langkah 2 : klik Analze >> Descriptive statistics>> Eksplore maka akan muncul jendela sebagai berikut:

Langkah 3 : masukan data ke dependent list dan kategori ke factor list seperti gambar berikut
Langkah 3 : klik plots kemudian centang normality plots with tests seperti gambar berikut:
Langkah 4 : klik continue kemudian klik Ok

Selesai sudah cara uji Normalitas data dengan menggunakan SPSS untuk interpretasi dari Output atau hasil yang dihasilkan dapat dilihat pada "Cara analisis Hasil Uji Normalitas Menggunakan SPSS"

bagi kalian yang ingin mengikuti blog ini melalui media sosial pada

Fb : Od Stats
Ig : @odstats
Cara Uji Normalitas Data Menggunakan SPSS Cara Uji Normalitas Data Menggunakan SPSS Reviewed by odstats on September 04, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.